8 Hal Penting Saat Interview Kerja

Pernah ngerasa deg-degan pas interview kerja? Wajar banget! but cool it off a little bit, brur, ambil nafas panjang dan hembuskan perlahan.

1. Siapkan Dokumen-Dokumen Penting

sumber: giphy.com

sumber: giphy.com

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan, dari Curriculum Vitae sampai akte lahir. Dari Kartu Keluarga hingga Ijazah Kuliah dan transkrip nilai (kalau lo udah punya, siapin juga tuh kartu nikah. Tapi gue rasa lo belom punya untuk waktu yang lama jadi ya enggak usah dipikirin banget juga). Kalau perlu buat buat kopiannya, buat 2 sampai 3 untuk berjaga-jaga. Jangan pula menyepelekan hal-hal yang berukuran kecil seperti pas foto dan foto kopi KTP. Details matters, brur!

2. Siapkan Mental

sumber: giphy.com

sumber: giphy.com

Mental sangat dibutuhkan karena hal ini kadang menjadi penting saat lo enggak punya CV yang mentereng . Tapi walaupun punya CV yang bisa membuat dada busung, mental harus juga dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di luar ekspektasi lo. Intinya harus siapkan mental untuk semua tekanan yang akan diberikan oleh user atau HRD pada saat lo diinterview. Tetap tenang dan tarik nafas panjang kalau lu masih merasa deg-degan.

3.Pelajari Tentang Perusahaan Yang Memanggil Lo Interview

sumber: giphy.com

sumber: giphy.com

Yaaa, walaupun belum tentu 100% keterima, enggak ada salahnya kan buat melakukan persiapan. “Sedia payung sebelum hujan” itu kalau kata peribahasanya. Lo mesti tahu perusahaan yang manggil lo buat interview tuh bergerak di bidang apa, bagaimana lingkungannya, standar gaji di sana berapa, chain of command-nya gimana, kalau perlu cari tahu tips & trik buat menghadapi interview di perusahaan yang lo tuju. Tahu-tahunya kantor yang manggil lo interview adalah kantor asing, kan bingung juga lo! Lo bisa kepoin hal-hal itu dari web perusahaannya, socmednya atau bisa juga dari temen lo yang pernah atau sedang bekerja di sana, kalau misalnya enggak ada, lo bisa tanya ke temen lo yang bekerja di perusahaan yang bidangnya sama kayak perusahaan yang manggil lo interview. Kalau misalnya masih enggak ada juga? Main lu kurang jauh dan pulang lo masih kurang malem berarti, brur!

4. Perhatikan Penampilan

sumber:giphy.com

sumber:giphy.com

Ini juga penting nih! Penampilan tuh menentukan first impression lo dihadapan HRD. Kalau penampilan lo enggak asyikkan HRD-nya juga males nerima lo. Sebenernya lo enggak harus berdandan kayak mau ketemu orang tua pacar, tapi lo harus berdandan sesuai seperti perusahaan yang lo datangi. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” sekali lagi kalau kata peribahasa. Kalau lo ngelamar di kantor yang bergerak di bidang kreatif gitukan lo enggak perlu juga yang ribet-ribet dandanannya, cukup pakai flannel sama jeans dan sepatu kets lo udah dianggap pantas, tapi kalau lo ngelamar di Ernst & Young kayak gitu? Paling lo disuruh tunggu di luar, brur! Oh iya, satu lagi, brur, jangan lupa pakai wewangian, MBK gitu biar enggak bau ketek! Penting tuh!

5. Better Three Hours Too Soon, Than One Minute Too Late. -William Shakespeare

sumber:giphy.com

sumber:giphy.com

Wah, brur! Kalau lo sampai datang telat buat interview, kelaarrrrrrrrr, brur! Bener banget kata Mas Shakespeare, mending udah dateng 3 jam lebih dulu, dibanding telat semenit tapi interviewnya udah selesai. Masalah ketepatan waktu tuh penting banget, apa lagi kalau perusahaan yang manggil lo interview terletak di daerah macet. Lo harus bisa manage waktu lo dengan baik. Jangan sampai telat! Inget, sebutuh-butuhnya perusahaan untuk mengisi kekosongan sebuah bidang kerja, pelamar kerja bakal ada aja yang datang, tapi sebutuh-butuhnya pelamar sama perusahaan untuk mengisi kekosongan dompet, perusahaan enggak selalu buka lowongan. Jadi, kalau lo telat dan posisi lo diambil orang lain dalam sekejap, well…. thats on you, brur.

6. Makan

sumber: giphy.com

sumber: giphy.com

Jangan sepelein hal-hal kayak makan gini, brur. Emang sih bisa lu tahan-tahan sampai selesai interview, mungkin emang juga lu lagi enggak laper, tapi enggak ada salahnya jugakan mengisi perut lo biar otak lu juga dapet asupan nutrisi dari kikil dan tempe orek warteg, jadi pas lagi bargaining gaji otak lo muternya enak tuh, brur! Lagi pula malu enggak sih kalau lo lagi interview terus perut lo bunyi kayak drumnya Mike Portnoy dari Dream Theater? Belom lagi kalau mulut lo bau gara-gara belom makan. Duh, brur, jangan sampai deh, hal-hal kecil gini lo sepelein tapi jadi perkara gede.

7. Jangan Ragu dan Percaya Diri

sumber: giphy.com

sumber: giphy.com

Jangan pernah ragu pada saat ditanya, jangan “ha-he ha-he” aja pas ditanya sama HRD atau user. Lo harus bisa jawab pertanyaan dengan tegas. Inget tegas bukan keras. Jadi jawab pertanyaan dengan pasti dan emang jawaban itu yang lo yakinin dan lo juga  harus percaya diri sama kemampuan lo, pokoknya lo harus yakin kalau lo keren dan mampu melakukan pekerjaan yang ditawarkan, brur.

8. Be Honest and Be You

Enggak ada perusahaan yang bakalan benci sama yang namanya karyawan yang jujur. Enggak usah perusahaan deh, lo aja pasti suka kan kalau lo ngobrol dan kenal sama orang yang jujur, begitu juga HRD atau user lo. Jawab aja pertanyaan mereka dengan jujur. Pertanyaan yang buat dilema tuh kadang adalah pas mereka nanya, “Menurut kamu apa kekurangan dari perusahaan ini?”, jangan pernah sok mau bagus-bagusin, do your research first and tell ’em whats wrong with their company dan biar lebih nampol lo juga bisa kasih solusi terhadap kekurangan perusahaan itu. Dan yang terakhir, be you! Kenapa? Cause no one as good as you and i know you can nail the interview, brur!!

Categories
Dope

Jangan garuk yang enggak gatel
One Comment
  • Hal Ini Yang Biasa Dilakukan Pagi-Pagi Dikantor Brur | Bujang.net
    18 May 2016 at 11:37 am
    Leave a Reply

    […] yang ini pasti orangnya workaholic nih brur. Tanpa babebo doi biasanya langsung buka laptop terus cek email dan langsung kerja. Atau […]

  • Leave a Reply

    *

    *

       

    RELATED