Apa yang Harus Kamu Lakukan Setelah Putus

It's not the end of the world
sumber : sheknows.com

Yang namanya putus pasti sedih, apalagi kalau pacaran lama. Kata-kata sayang bisa menghilang dan tenggelam begitu saja di balik tangisan. Ada yang bilang cara cewek sama cowok menyiasati patah hati itu berbanding terbalik, walau kadang belum tentu begitu kasusnya. Dan yang namanya putus enggak gampang lupa begitu aja, kecuali kamu emang enggak pernah sayang.

Nangis

Mungkin kamu enggak nangis, atau kamu enggak sadar kalau kamu menahan tangis. Ada penelitian yang menyatakan bahwa kalau kamu menahan tangis meningkatkan tingkat stress dan berpengaruh pada penyakit yang disebabkan oleh stress seperti darah tinggi, penyakit jantung dan lain-lain. Selain itu, secara scientific, menangis dapat mempengaruhi tingkat mineral manganese tubuh, mineral yang mempengaruhi mood seseorang (Gregg Levoy, ‘Tears that Speak’, Psychology Today, July–August, 1988, pp. 8, 10.). Jadi kalau kamu gengsi nangis di depan mantanmu, setelah ‘obrolan’ putus, masuk kamar dan puas-puasin nangisnya, kalau perlu dibantu sama lagu galau alunan Adele!

sumber : giphy.com

Makan coklat

Selain nangis, coklat juga dianggap dapat membantu kamu mengurangi rasa galau. Kalau kamu ingat tentang serotonin di artikel sebelumnya, hormon ini juga mempengaruhi mood seseorang, bukan cuma mineral manganese di atas. Nah, coklat dinilai dapat mempengaruhi besarnya hormon serotonin di dalam otak seseorang. Secara kimia, coklat dinilai dapat meningkatkan mood seseorang, namun kalau kamu mau mendapatkan efek dari komposisi coklat, kamu harus makan coklat yang banyaaaaakkkkkk! Jadi abis putus, tunda dulu dietnya ya!

sumber : giphy.com

Me (and my best friend) time

Mungkin sehari-hari kamu habiskan sama pacar, atau chat bahkan smsan sama pacar tiap menit dan tiap detik. Tapi setelah putus yang namanya rutinitas pasti juga jadi berubah. Kamu mungkin merasa hampa atau kosong, tapi coba kamu ingat-ingat lagi, kamu punya sahabat dan keluarga yang enggak akan ninggalin kamu. Diputusin bukan akhir dari dunia, brur! Habiskan waktu kamu dengan orang-orang terdekat, rasakan bahwa kamu juga dicintai sama mereka – bukan cuma mantan kamu aja.

sumber : giphy.com

Hapus dan unfollow

Kalau ini optional, enaknya aja. Tapi harus ditahan-tahan dikit, karena kalau habis putus yang kamu butuhkan adalah reset button. Untuk menyegarkan pikiran dan menenangkan hati. Gue merekomendasikan biar kamu enggak gampang terlarut dengan perasaan kangen atau bahkan geram karena liat dia nge-post foto sama gebetan barunya. Mungkin kalau langsung unfriend itu terlalu kekanakan, tapi coba buat misteri dalam hidupmu. Kalau memang dia ingin tahu kabarmu dan memperbaiki hubungan lagi, dia harusnya nanya, bukan ngepoin. (Begitu pula dengan kamu). Toh di Facebook ada pilihan Unfollow biar kamu enggak lihat dia di newsfeed kamu tiap hari.

sumber : giphy.com

Apapun itu caranya, semua orang ada cara mengatasinya masing-masing. Tapi kamu harus ingat bahwa putus bukan akhir dari duniamu! Saatnya nyiapin jaring lagi, brur!

Categories
Cinta

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED