Basuki Tjahja Purnama alias Ahok Menjadi Tersangka, Penyidikan pun Dimulai

Sepertinya enggak mungkin kalian enggak dengar perkara yang satu ini, Ir. Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa kita kenal dengan nama panggilan Ahok ini dilaporkan sebelumnya kepada Bareskrim POLRI...
sumber : Rappler.com

Sepertinya enggak mungkin kalian enggak dengar perkara yang satu ini, Ir. Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa kita kenal dengan nama panggilan Ahok ini dilaporkan sebelumnya kepada Bareskrim POLRI atas dugaan penistaan dan penodaan agama pada saat ia berkunjung ke Pulau Seribu. Dalam kunjungannya tersebut, Ahok menggunakan referensi Al-Maidah ayat 51 dan dianggap sebagai bentuk penistaan dan penodaan agama.

youtube.com

youtube.com

Kejadian ini pun memancing pendapat, opini, bahkan gerakan demo besar-besaran pada tanggal 4 November lalu yang menjadi sorotan publik baik nasional maupun internasional. Tuntutan para pendemo adalah penindakan terhadap Ahok. Dan kemudian, Presiden Jokowi pun menklarifikasi bahwa Presiden sebagai kekuasaan eksekutif tidak akan melakukan intervensi terhadap penyusutan kasus ini dan diharapkan pihak kepolisian dapat terbuka kepada publik dan diselesaikan segera.

Setelah pemeriksaan dengan meneliti video secara forensik digital dan pemanggilan saksi ahli dari pihak pelapor dan terlapor melalui gelar perkara dan penyelidikan, akhirnya Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto mengumumkan hasil penyelidikan hari ini (16/11) pukul 10.00 pagi. Dalam penyampaiannya, Kabareskim menyatakan bahwa dalam mencapai keputusan tidak dicapai suara bulat namun diambil sistem mayoritas, yaitu dengan menetapkan Ahok sebagai tersangka dan maju ke proses penyidikan.

metrotvnews.com

Lalu sebelumnya Ahok statusnya apa? Sebelumnya, Ahok adalah terlapor, sedangkan tersangka nih brur berdasarkan Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana Pasal 1 poin 14, artinya adalah seorang yang karena perbuatannya atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan patut diduga sebagai pelaku tindak pidana. Nah, berdasarkan penyelidikan dalam gelar perkara, ditemukan bukti permulaan bahwa Ahok merupakan pelaku tindak pidana, dan apa yang diucapkannya dalam kunjungan ke Pulau Seribu dianggap sebagai tindak pidana sendiri.

Setelah dinyatakan sebagai tersangka, maka penyidikan akan dimulai. Dan bedanya penyidikan sama penyelidikan apa sih? Di Indonesia kita mengenal dua hal ini, Penyelidikan adalah serangkaian tindakan penyelidik (dalam hal ini adalah pihak kepolisian) untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa yang diduga sebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan. Sedangkan Penyidikan berarti serangkaian tindakan penyidik (dalam hal ini adalah pihak kepolisian atau pejabat pegawai negeri yang diberikan kewenangan) untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya. Jadi setelah berstatus tersangka dan penyidikan dimulai, apabila seseorang dinyatakan bersalah, statusnya akan berubah menjadi terdakwa dan proses pengadilan pun dimulai. Dan seperti yang kita tahu, proses pengadilan dapat berbuah hasil bersalah, atau tidak bersalah serta bentuk sanksinya.

Dalam sistem hukum Indonesia, dikenal juga yang bernama Praperadilan. Praperadilan ini juga dapat dilangsungkan pada tingkat penyidikan alias sebelum proses dimajukan ke Pengadilan. Dan Praperadilan ini adalah wewenang pengadilan negeri untuk memeriksa dan memutus tentang:

  1. sah atau tidaknya suatu penangkapan dan atau penahanan atas permintaan tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasa tersangka;
  2. sah atau tidaknya penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan atas permintaan demi tegaknya hukum dan keadilan;
  3. permintaan ganti kerugian atau rehabilitasi oleh tersangka atau keluarganya atau pihak lain atas kuasanya yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan.

Nah dari penjelasan ini, kira-kira udah paham belum brur soal sistem hukum di Indonesia? Apapun itu keputusannya, semoga proses hukum ini adil, lancar dan baik serta masyarakat kita paham atas segala keputusan yang diambil.

Categories
Berita

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED