Cok Sembarang #1

Ilustrasi oleh : Wahyu Ramandha Putro

Rasanya untuk zaman sekarang, pahlawan tuh udah bukan lagi yang bawa bambu runcing atau jago silat buat lawan makhluk yang hidungnya mancung kulitnya putih, ngomongnya was wes wos, mungkin sekarang pahlawan tuh lebih ke yang bisa nunjukkin siapa dirinya dengan segala keyakinan dari segala cacian. Sebenernya sih benang merahnya sama: Nyali!

Pahlawan kan sifatnya juga enggak harus jadi jawara disuatu daerah, jadi pahlawan kadang juga sangat sederhana, enggak perlu neko-neko jadi Iron Man, Han Solo atau Ganteng-ganteng serigala, tapi selain nyali mungkin juga dibutuhkan yang namanya kehadiran, kalau dilihat dari pahlawan kita jaman dulu kaya Jendral Soedirman, Bung Tomo, Bung Karno, semuanya hadir disaat genting, berani untuk ambil sikap bukan cuma ngomong doang terus enggak ada kabar, tapi berani gigih dalam kata-katanya sendiri, dan yang terpenting mereka berani hadir untuk mewujudkan tiap kata-kata yang sudah diucapkan.

Aksi heroik gue rasa sih enggak harus ditunjukin pakai adegan yang berdarah-darah sambil jalan dan dibelakang lu ada mobil meledak, kayak John McClane sambil bilang “yipikaye mothaf**ka!” dan juga enggak harus dengan kain yang diikatkan dikepala untuk nunjukin kalau lu mau jadi pahlawan dengan aksi yang heroik, gue rasa aksi heroik paling baik di jaman sekarang adalah menjadi sahabat buat orang-orang yang lu sayang, hadir disuka duka mereka, hadir pas mereka lagi nyebelin banget atau lagi seneng banget, dan berani bilang “Jangan!” di depan muka orang-orang yang lu sayang kalau mereka udah mulai aneh-aneh. Buat gue sih enggak masalah kalau mau jadi orang aneh, asal jangan aneh-aneh.

Pahlawan adalah sahabat. Pahlawan adalah siapa yang bertahan menemani perjalanan yang penuh dengan perjuangan. Pahlawan adalah siapa yang berani bertolak belakang pada kesalahan, walaupun kesalahan itu dianggap lumrah, seperti buang kantung sampah di kali, namanya salah ya tetap aja salah.

 

Au ah! Cabut dulu, brur!

 

Categories
Cok Sembarang

Orang paling ngasal yang doyan ngoceh
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED