Cok Sembarang #6

Illustrasi oleh : Wahyu Ramandha Putro

Pergi ke mall adalah sebuah perjalanan yang mengenaskan. Paling tidak buat gue. Enggak, sih khususnya buat orang kayak gue. Kenapa mengenaskan? Karena tampilan cowok-cowok jaman sekarang trendi-trendi banget. Sepanjang yang gue perhatiin, dari ujung rambut sampe ujung sepatu semuanya kayaknya udah disiapin dari 4 hari sebelum hari pergi ke mall. Sepatunya masih bagus, jeansnya belum belel, kemejanya enggak kusut, malah ada juga yang pakai kaos doang, tapi beeeeuuhh, kaosnya aja enggak ada deh lecek-leceknya. Apa lagi urusan rambut. Wah, brur, kalau udah bahas rambut cowok-cowok yang pergi ke mall, ampun deh, brur. Modelnya semua sama, modelnya template gitu, brur. Kayak semuanya keluar dari pabrik wig. Mungkin karena rambut gue enggak bisa dibuat kayak gitu, jadi rambut gue enggak kayak gitu. Mungkin kalau rambut gue bisa dibuat ala-ala rockabilly dan navy cut gitu, mungkin gue akan potong kayak gitu, mungkin ya. Mungkin. Kemungkinan sih, enggak.

Sekarang cowok-cowok yang pergi ke mall jadi kayak apa yah, artifisial? Palsu kayaknya. Kayak dipaksa untuk berdandan dan mengikuti trend yang sama biar dapet pengakuan atau hierarki yang mendingan dimata umum. Salah? Enggak juga sih, gue cuma mau bilang, kalau slogan “be yourself” itu kan cara mengekspresikan dirri, dari pemikiran yang dijadiin ke tindakan. Nah, dandanan, pakaian dan segala macam yang dipakai ke mall adalah buah dari pemikiran dong, maka dari itu, berarti enggak ada cowok-cowok mall yang menggukan slogan “be yourself” dengan apik. Semuanya cuma mengikuti yang lain. Cuma mengikuti trend. Salah? Enggak juga sih.

Untuk tidak mengikuti trend adalah sebuah hal yang dianggap: “apaan dah lu”. Seperti sesuatu yang aneh, sesuatu yang kurang tepat. Dianggap mau yang paling beda. Padahal enggak. Mau apa pun  trendnya, orang-orang kayak gitu akan tetap memperlakukan dirinya sama, dia tidak mengikuti arus, karena arusnya lebih tenang dan tidak palsu. Arusnya lebih bertahan lama. Hingga sampai kapan pun orang-orang yang dianggap “melawan trend” adalah orang-orang yang tahu kalau dia sudah nyaman dengan apa yang dikenakan, dan jika suatu saat ternyata trendnya berubah seperti apa yang mereka kenakan, maka mereka pun tidak akan terganggu. Tidak akan ada yang berubah. Karena masalahnya bukan di trend, masalahnya ada di, mau atau tidaknya menjadi diri sendiri dan bertahan.

 

Sotoy yah? Maaf deh. Cabut dulu, brur!!!

Categories
Cok Sembarang

Orang paling ngasal yang doyan ngoceh
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED