Dua Saudara Prakarsa Dirgantara

Cerita dibalik sayap yang mengudara
sumber : wright-brothers.org
sumber : wallpaperswide.com

sumber : wallpaperswide.com

Ada yang mengatakan bahwa manusia tidak hidup dengan indah jika tidak memiliki mimpi dan cita-cita. Dengan cita-cita dan mimpi manusia seperti mempunyai hasrat untuk hidup yang lebih tinggi. Tetapi untuk mencapai mimpi dan cita-cita tentu diperlukan perjuangan yang keras serta usaha terus menerus tanpa kenal menyerah. Tidak hanya itu, ada yang berujar bahwa cita-cita harus digantung setinggi langit. Mungkin dikatakan demikian agar mimpi dan cita-cita itu sulit digapai dan membuat manusia terus berjuang untuk mendapatkannya. Tapi nampaknya kini mimpi dan cita-cita harus digantung ke tempat yang lebih tinggi dari langit. Karena saat ini kita dapat menembus langit dengan mudah dengan bantuan alat yang ditemukan oleh Wright Bersaudara, Pesawat Terbang.

sumber : time.com

Orville Wright dan Wilbur Wright adalah dua saudara dari pasangan Milton Wright dan Susan Catherine Koerner. Walau menempuh pendidikan yang tinggi namun ketika masih berada di bangku sekolah dasar, Orville sempat dikeluarkan dari sekolah tersebut.

Ketertarikan mereka kepada mesin yang bisa terbang berawal ketika ayahnya membelikan mainan helikopter yang dibuat dari bambu kepada mereka berdua. Saking senang dengan helikopter bambu tersebut, mereka memainkannya sampai rusak. Setelah itu, mereka memperbaiki sendiri mainan dari bambu yang sudah rusak itu.

Wright bersaudara sebenarnya merupakan pengelola toko yang terletak di Ohio, Amerika Serikat. Toko yang mereka kelola tersebut menjual dan memperbaiki peralatan motor, mesin cetak dan mesin lainnya. Profesi dua bersaudara Wright ini memberikan dorongan pada mereka untuk mempelajari berbagai hal yang berbau penerbangan.

Ide mengenai menerbangkan suatu benda sebenarnya sudah ada jauh sebelum Wright bersaudara menemukan pesawat terbang, karena ide pesawat sudah ada sejak 200 tahun sebelum masehi. Terlihat dari gambar-gambar kuno yang terlihat di atas langit-langit sebuah kuil bekas peninggalan Mesir kuno. Namun, Wright bersaudara-lah yang pertama kali dapat merelisasikan konsep benda yang dapat terbang itu dengan membuat pesawat buatannya dapat benar-benar terbang.

sumber : airandspace.si.edu

Penemuan pesawat terbang dimulai dari penemuan “kontrol tiga sumbu” yang digunakan oleh semua pesawat terbang pada saat sekarang ini. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Proses penemuan pesawat terbang oleh Wrighr bersaudara berawal dari ide rancangan laying-layang sederhana yang akhirnya menjadi sebuah pesawat terbang modern dengan menggunakan mesin. Selain berdasarkan pengamatan, Wilbur menarik kesimpulan bahwa burung mengubah sudut ujung sayap mereka untuk membuat tubuh mereka menggulung ke kanan atau ke kiri. Setelah itu, mereka mulai membuat tiga pesawat terbang bersayap kembar. Ketiganya dicoba terbang di pantai Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat. Pesawat yang ketiga diuji sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan yang dipasang di pesawat mereka yang keempat yang mereka beri nama Wright Flyer.

Pada tanggal 17 Desember 1903, di saat cuaca dingin dan mendung, kedua saudara Wright ini menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Crolina, Amerika Serikat. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer yang dikendalikan Orville Wright dapat mengangkasa selama 12 detik. Kemudian pesawat tersebut turun kembali setelah mencapai ketinggian 37 meter dari permukaan tanah. Penerbangan tersebut merupakan pionir dari segala jenis penerbangan pesawat yang kini sudah semakin ramai berlalu lalang di angkasa.

Pesawat yang diterbangkan Orville yang awalnya dinamakan Wright Flyer itu kini lebih dikenal dengan nama “Kitty Hawk dan disimpan di museum Dirgantara di Washington DC, Amerika Serikat.

Nampaknya kita harus berterima kasih kepada Wright bersaudara yang sangat mempermudah perjalanan kita. Dengan menggunakan hasil rancangannya perjalanan panjang kini dapat ditempuh hanya dalam hitungan hari, bahkan jam, bahkan menit.

sumber : giphy.com

 

Categories
Etalase

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED