Isabel Sieh, Gadis 12 Tahun yang Jago Coding dan Mengajarinya ke Anak-Anak Lain

Menginspirasi dengan berbagi ilmu
twitter.com/rapplerdotcom

Brur, waktu kecil pas umur 12-an gitu apa aja sih yang udah kita lakuin? Kayaknya cuman main sama temen, nonton kartun, ngerjain PR sama belajar buat ulangan doang kali ya. Nah kalau anak umur 12 tahun dari Filipina ini ternyata beda Brur. Di usia-nya yang baru 12 tahun, Isabel Sieh udah jago membaca dan mengotak atik coding-an. Nggak cuman itu, dirinya juga berbagi ilmu coding yang dimilikinya kepada anak-anak lain. Keren ya Brur, kalau kita-kita di umur segini masih ribet sama puyeng kalau nge-lihat Bahasa pemrograman hehehe.

twitter.com/rapplerdotcom

twitter.com/rapplerdotcom

Kejagoan Isabel dalam dunia coding ternyata sudah diasah sejak dirinya masih berumur 10 tahun. Isabel mengungkapkan kala itu guru matematikanya sudah melihat potensi besar yang dimiliki oleh Isabel. Dan guru itu menganjurkan Isabel untuk belajar codig dan mengenalkan dengan Code Academy, sebuah komunitas online untuk belajar coding. Dari situlah Isabel mulai belajar banyak banget, mulai dari Hypertext Markup Languange, Java Script sampai HTML juga loh.

 

Isabel sendiri mendapat dukungan penuh dari orangtuanya untuk mempelejari coding. Sang ibu sengaja mendatangkan tutor untuk mengajarkan Isabel Bahasa oemrograman secara langsung dan lebih detail. Dan ibunya pula yang mendukung Isabel untuk memulai geraan GIRL WILL CODE.

asianjournal.com

Apa sih GIRL WILL CODE? Ini adalah sebuah gerakan yang dibuat oleh Isabel untuk berbagi ilmu coding ke anak-anak di seluruh Filipina. Gerakan ini telah berhasil dijalankan di Sekolah Dasar Bagong Nayon di Filipina. Isabel juga mulai mengaharkan anak-anak seusianya di sekolah dasar dengan Scratch JR yang merupakan sebuah Bahasa pengantar pemrograman yang memungkinkan anak-anak untuk membuat cerita interaktif dan permainan versi mereka sendiri. Keren banget ya Isabel Sieh ini.

 

Sampai sekarang ini, GIRL WILL CODE masih berjalan di Filipina. Isabel dengan dukungan ibunya, masih berkeliling untuk berbagi ilmu coding ke anak-anak di Sekolah Dasar dengan harapan mereka bisa mempelajari coding dari usia belia.

 

 

Categories
Berita
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED