Kampus 24 Jam Vol.3 : Beragamnya Warna Musik Kampus Seni Jakarta

Album ini menawarkan banyaknya dan beragamnya warna musik yang kerap hadi di dalam kampus seni IKJ.

Antara Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan musik Indonesia memang punya satu benang merah yang romantis. Apalagi kalau bukan karya musik yang manis. Hal ini terbukti banyaknya musisi Indonesia yang menjadi ikon dan merajai dunia musik di Tanah Air ini. Sebut saja band-band seperti, Naif, White Shoes And The Couples Company, The Upstairs dan masih banyak lagi, yang dari dulu sampai sekarang masih saja disanjung-sanjung dan terus diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Dan juga walau banyak sekali musisi yang lahir dan dari kampus seni di Jakarta ini, namun para musisi ini tetap memiliki keunikan, ciri khas, dan wara musik yang berbeda dari tiap-tiap musik mereka.

Berangkat dari ramainya dan beragamnya musik yang dibawakan oleh para mahasiswa IKJ ini, pada tahun 2001, melalui gagasan Jimi Multhazam (Vokalis The Upstairs) dan Ricky Malau sebuah album bernama “Kampus 24 Jam Hits” dirilis, untuk mengenalkan musik yang diusung oleh para musisi dari IKJ ini kepada masyarakat luas. Album “Kampus 24 Jam Hits” Volume pertama ini diisi oleh nama-nama band hebat seperti, Pendulum, Samudra, Sekarwati, Fable dan That’s Rockefeller. Sehingga, menjadikan album “Kampus 24 Jam Hits” Volume yang pertama memiliki warna musik yang variatif.

Setelah sukses dengan Volume pertama-nya, pada tahun 2007, album “Kampus 24 Jam” yang selalu ditunggu dan menjadi tolak ukur skena musik di IKJ pun lahir kembali. Pada Volume kedua ini nama-nama band seperti, Goodnight Electric, Kaneshiba, Old Paper, Karon N Roll hingga It’s Different Class ikut meramaikan album “Kampus 24 Jam Hits” Volume kedua ini.

Setelah kurang lebih 9 tahun berlalu, dengan banyaknya perubahan yang terjadi di dalam kampus IKJ sendiri, ternyata tidak berdampak pada ledakan dan semangat dari para musisi dari IKJ. HIngga, album kompilasi “Kampus 24 Jam Hits” kini siap dirilis kembali untuk menemani telinga para penikmat musik di Tanah Air.

Sama seperti para pendahulunya, Kompilais album “Kampus 24 Jam Hits” Volume 3 juga berperan sebagai dokumentasi atas apa yang terjadi pada scene musik yang terjadi di IKJ saat ini. Album ini berisikan 14 band dengan warna musik yang variatif dan dengan cita rasa khas IKJ, hal ini menjadi bukti bahwa geliat musik di kampus ini masihlah hangat.

Berbagai macam band yang ikut andil di dalam album ini menjadi daya pikat tersendiri bagi masyarakat. Sebut saja Indische Party dan Sound Solution yang ikut meramaikan kompilasi ini. Ada pula band senior seperti Servis Motor yang juga memberikan warna tersendiri di dalam album ini. Bukan itu saja, band-band yang lahir pada masa transformasi kampus IKJ seperti Sisitipsi ikut meramaikan album ini lewat nuansa Jazz dan brass section mereka yang meneduhkan. Selain meneduhkan, album ini juga menawarkan ketenangan melalui lagu yang dialunkan oleh Badai Sampai Sore yang siap menghanyutkan para pendengarnya.

Tidak hanya memberikan keteduhan dan ketenangan, nada Glam Rock dengan suara gitar seperti halilintar namun dengan lirik yang ringan juga siap menyapa masyarakat melalui band SKTriolekso. Sisi gelap dari sebuah karya musik juga tertuang di dalam kompilasi ini. FRAAdeVROO dengan lirik yang mungkin mereka sendiri yang tahu dan Magestyc yang mengusung psychedelic rock juga ikut memberikan warna tersendiri bagi album ini. Tetapi, nuansa gelap ini juga dapat dinetralisir oleh Zookeeper dengan unsur Britpop yang mereka bawakan.

Akar dari sebuah band memang tidak melulu berawal dari sebuah musik.  Band Seperti Bremol yang mengusung 99% nyablon 1% punk dan Orange Theory yang merupakan duet pasangan mahasiswa seni rupa dengan musik alternative rock 90-an. Selain itu ada pula The Maguras dengan surf rock dari mereka yang acap kali membuat penonton ikut bergoyang. Terakhir dengan lirik yang sering kita temui di belakang truk angkut lintas pulau Jawa, hadirlah Tentative sebagai track penutup album ini.

Album kompilasi “Kampus 24 Jam Hits” Volume 3 ini sendiri sudah dimulai pada bulan April 2016 yang lalu. Melalui label musik baru di IKJ yang bernama Palbis Rekords, Album ini menawarkan banyaknya dan beragamnya warna musik yang kerap hadi di dalam kampus seni IKJ. Kompilasi ini juga menjadi representasi skena musik sebuah kampus dengan aktivitasnya yang non stop 24 jam. Dan pada 5 November 2016 nanti, Album Kompilasi “Kampus 24 Jam Hits” Volume 3 siap dirilis, dan tentunya siap menjadi teman setia telinga para pecinta musik di Indonesia.

Track List

SKTriolekso – Martua Go To Amerika

Ferdinand Jacob – Musik Adalah Mantra

Bremol – Nyablon Terus

Sisitipsi – Minta Lagi

Servis Motor – Parasit

FRAAdeVROO – Kacautunaki

Orange Theory – Hang On Strongman, You’re Gonna Die

Badai Sampai Sore – Mata Serigala

The Maguras – Kadal Twist

Sound Solution feat Ivon Destian – Free Your Mind

Less – Life Is So Hard So Steal

Magestyc – Doom

Indische Party – Terkapar Sudah

Tentative – Ranjau Pantura

————————————————-

Eksekutif : Jimi Multhazam, Ricky Malau, Amir Syaeiffudin

Produser : Eka Wiji Astanto & Allan Soebakir

Pengarah Kreatif dan Visual : Atras Alwafi

Penyelaras Suara : Rian Rahman & Aditya Trisnawan

Pengumpulan Data : Ochaoss

Humas dan Sekretariat : Diva Azalia

Categories
Checksound
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED