Checksound: Ngayogyokarto, Album Istimewa untuk Kota Istimewa

Ngayogyokarto, satu album demi melestarikan seni dan budaya Yogyakarta sebagai kado istimewa untuk kota istimewa

7 Oktober 2016 yang lalu merupakan hari Ulang Tahun Yogyakarta yang ke 260. Bertepatan dengan hari itu, Netrilis sebuah Digi-Label (Label Musik Digital) menggandeng 13 musisi Indonesia membuat sebuah album yang diberi nama NGAYOGYOKARTO. 13 karya musik dari para musisi itu menjadi satu kado istimewa untuk satu kota istimewa di Indonesia, Yogyakarta.

Ngayogyokarto sendiri ide awalnya bermula dari ide pengumpulan karya musik yang berisi wujud kebanggaan dan kecintaan terhadap kota Yogyakarta. Ke-13 karya musik ini juga disampaikan dengan beragam aspek dan perspektif, seperti misalnya sosial, pariwisata, budaya, gaya hidup, pendidikan, kenangan dan komunitas.

Album Ngayogyokarto ini merupakan album dengan musik yang beragam dan mengungkapkan betapa kaya karya musik para musisi Indonesia yang bercerita mengenai kota Yogyakarta. Berbagai genre musik seperti, Hip Hop, Punk-Rock, Pop-Punk, Orkes Dangdut, Hardcore, Hip Rock, Pop, Akustik, Folk dan Alternative semua tertuang di dalam karya album Ngayogyokarto ini.

Keunikan lain dari album Ngayogyokarto ini ada pada desain artwork dari album ini. Seakan ingin memberikan nuansa modern namun tetap berakar pada seni dan budaya tradisional Yogyakarta dengan membuat tipografi dalam aksara Jawa dan dipadupadankan dengan garis kebawah dan keatas digantikan dengan simbol jack cable dari bawah (kabel instrument musik ­ mono) dan keatas (Kabel headphone ­ stereo) yang dapat diartikan “musik yang diproduksi kemudian didengarkan”.

Album Ngayogyokarto ini sendiri telah resmi di rilis pada tanggal 7 Oktober 2016 yang lalu berbarengan dengan ulang tahun kota Yogyakarta yang ke-260, dalam format Digital. Sekarang semua masyarakat di dunia sudah bisa membeli dan mendengarkan melalui iTunes, Spotify, Deezer, Amazon, Google Play Music, Shazam dan digital music stores worldwide lainnya. Perilisan digital ini juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia, bahwa Yogyakarta merupakan kota adalah nama kota yang paling sering dinyanyikan dan disebutkan dalam lagu Indonesia baik itu lokal mapun nasional.

Selain rilis dalam format digital, album Ngayogyokarto ini juga akan dirilis dalam format fisik yaitu CD. Keunikan album Ngayogyokarto yang rilis dalam format fisik ini yaitu setiap konten pada kemasannya seperti Judul, Lirik, Daftar Lagu, Nama Band, Liner Notes, dll, ditulis dalam aksara Jawa/Hanacaraka. Langkah ini dilakukan sebagai gerakan literasi aksara Jawa dan aksi melestarikan budaya Indonesia.

Memang album Ngayogyokarto ini menjadi satu album yang tepat untuk dibeli dan menjadi koleksi yang akan menemani kita dalam setiap kondisi. Dan album ini menjadi satu hal yang menggambarkan bahwa walau hidup di zaman modern namun tetap tidak lupa pada akar budaya kita sendiri yang harus kita lestarikan. Album Ngayogyokarto ini juga menggambarkan bahwa betapa kaya dan beragamnya karya musik di Indonesia. Album ini memang sangat tepat menjadi kado yang istimewa untuk kota yang istimewa.

Berikut merupakan para musisi dan judul lagu yang tersaji dalam album Ngayogyokarto ini :

1  Genk Kobra ­ Ngayogyokarto ­ 

2  Bintang Swara Hati ­- Jogjakarta Berhati Nyaman ­ 

3  Slametman ­ Jogja Under Cover ­ 

4  Gerap Gurita ­ Joi!gjakarta ­  


5  Erwe ­- Jogja Last Friday ­  


6  Fian Perdana  Yogyakarta (Tak Pernah Terganti) ­ 

7  Danger Estrella ­– Jogjakarta 


8  Revolution Project  Jogja Warning ­ 

9  Break The Days ­ This Is Yogyakarta ­ 

10  Orkes Sehat Jiwa ­ Live In Jogja ­ 

11  Rebellion Rose ­- Ia Yk ­ 

12  Kuda Besi ­- Yogyakarta Pride ­ 

13  Dream Society Djogjakarta ­  


Categories
ChecksoundEtalase
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED