Nomor Punggung Yang Dipensiunkan

Di Italy nomor punggung bukan hanya sebuah identitas dan pembeda antara pemain tapi memiliki makna lebih di dalamnya.

Nomor punggung yang dikenakan pemain sepak bola kerap di identikan dengan posisinya saat di lapangan. Nomor punggung 1 secara tak tertulis telah disematkan kepada pemain yang berposisi kiper atau penjaga gawang. Secara umum nomor 2 sampai 6 untuk pemain bertahan dan 7 sampai 11 untuk pemain gelandang dan penyerang. Apalah arti sebuah nomor punggung bagi pemain sepakbola. Di Italy nomor punggung bukan hanya sebuah identitas dan pembeda antara pemain tapi memiliki makna lebih di dalamnya.

sumber: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/5e/9a/5a/5e9a5a92aa9ab65db04ed428d2f42690.jpg

Dedikasi, loyalitas dan memiliki jasa besar pemain yang bisa membuat nomor puggung tersebut dikeramatkan. AC Milan salah satu klub yang mempensiunkan beberapa nomor punggung sebagai penghargaan untuk menghormati pemain yang memiliki prestasi dan berjasa besar bagi klub.

 

Franco Baresi

sumber: https://arjyomitra94.files.wordpress.com/2015/09/baresi3.png?w=1200&h=747&crop=1

Pemilik nomor punggung 6 yang telah dipensiunkan oleh AC Milan ini ialah Franco Baresi. Pemain yang berposisi sebagai sweeper ini menghabiskan karirnya di klub AC Milan. Ketika klubnya turun kasta ke Serie B ia tetap setia dan tidak meninggalkan klubnya disaat pemain lain pindah ke bebrapa klub agar bisa tetap bermain di kasta tertinggi. Selain kesetiannya pemain ini juga memiliki andil besar terhadap prestasi klub. Selama membela AC milan Baresi telah memenangkan gelar Seria A sebanyak 6 kali, gelar Serie B 2 kali, gelar supercoppa italiana 4 kali, gelar Liga Champions 3 kali, gelar Piala Super Eropa 3 kali, dan 2 gelar Piala Interkontinental. Ia adalah salah satu pemain bertahan terbaik sepanjang masa.

 

Paolo Maldini

sumber: http://images.performgroup.com/di/library/goal_uk/f3/64/paolo-maldini_1ikbo47uwstul1d7qloyiowdyp.jpg?t=-892960957&w=620&h=430

Paolo Maldini pemilik nomor punggung 3 yang dipensiunkan AC Milan adalah pemain yang paling disegani di Italia. Ia menghabiskan 25 tahun karir sepakbolanya hanya untuk klub AC Milan dari tahun 1984 hingga tahun 2009. Saat di level junior pun ia sudah mengenakan seragam AC Milan. Paolo Maldini adalah generasi kedua yang bermain di AC Milan setelah sebelumnya ayahnya Cesare Maldini juga pernah bermain di klub tersebut. Pemain yang sering diposisikan sebagai bek kiri ini pada awalnya karirnya bermain sebagai bek kanan dan pada menjelang akhir karirnya ia sering mengisi posisi bek tengah. Soal prestasi jangan tanya, ia banyak mempersembahkan gelar bergengsi bagi klubnya AC Milan diantaranya 7 gelar SerieA dan 5 gelar Liga Champions. Maldini juga memiliki rekor ‘caps’ terbanyak di Serie A dengan total 647 pertandingan. Atas jasanya tersebut AC Milan mempensiunkan nomor punggung 3 yang dikenankannya, dan akan aktif kembali jika anaknya Christian Maldini berhasil menembus tim senior AC Milan.

Categories
Etalase
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED