Pebulu Tangkis Asal Indonesia Yang Pernah Mendapatkan Medali Emas

Indonesia berhasil merebut medali emas diajang Olimpiade 2016 di Rio, tapi sebelum ini siapa saja pebulu tangkis yang pernah merasakan ini
liputan6.com

Kemarin bertepatan dengan ulang tahun Indonesia ke 71 mendapatkan hadiah dari cabang olahraga bulu tangkis yang sedang beraksi di Olimpiade 2016 di Brazil. Ganda campuran Indonesia yang berhasil memberikan hadiah manis tersebut, sebenarnya Indonesia memiliki sejarah medali emas pada Olimpiade cabang bulu tangkis ini. Siapa saja sih yang pernah mendapatkan medali emas ini, intip yuuk brur.

 

Alan Budikusuma

2.bp.blogspot.com

Trend medali emas diawali dari olimpiade Barcelona di tahun 1992, Alan Budikusuma lah yang berhasil membawa prestasi tersebut pada cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putera. Di final Alan menghadpi perwakilan Indonesia juga yaitu Ardy Wiranata, melalui pertandingan yang ketat akhirnya Alan berhasil keluar sebagai juara yang otomatis mendapatkan medali emas.

Susi Susanti

okezone.com

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pebulutangkis wanita ini yaitu Susi Susanti. Prestasi yang diraihnya pasti menjadi motivasi buat pebulutangkis putri lainnya. Dikenal dengan ketenangannya dalam bermain, Susi Susanti berhasi masuk final pada Olimpiade Barcelona 1992 dan berhadapan dengan Bang Soo-Hyun dari korea. Lewat pertandingan yang dramatis akhirnya Susi Susanti berhasil membawa pulang medali emas ke Indonesia dari cabang bulu tangkis nomor tunggal puteri. Tidak hanya membawa emas saja tapi Susi Susanti berhasil membawa jodoh juga ke Indonesia yaitu sang peraih medali emas juga yaitu Alan Budikusuma, bisa dikatakan ini adalah “Pernikahan Emas” hehehe. nih fotonya ada di bawah brur buat bonus :

CIEEEEEEE UUUUUUUU

republika.co.id

Rexy Mainaky dan Ricky Subagja

kompas.com

Pasangan ganda putera adalah yang melanjutkan trend emas pada olimpiade 1992 Atlanta. Yaaappp Rexy mainaky dan Ricky Subagja yang berhasil membawa emas ke Indonesia. Melalui pertarungan final menghadapi Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock asal malaysia ini. Pasangan Indonesia ini berhasil keluar sebagai pemenang pada pertarungan ini, hal ini mempertegas nahwa olahraga bulu tangkis Indonesia merupakan Negara yang ditakutkan.

Tony Gunawan dan Candra Wijaya

kompas.com

Lagi-lagi ganda putera yang berhasil menuliskan sejarahnya pada olimpiade yang diadakan di Sydney tahun 2000. Psangan ini berhasil menuntaskan perlawanan dari Lee Dong-Soo dan Yoo Yong-Sung asal Korea ini. Pada nomor ini Korea berhasil mendaptkan medali perak dan perunggu yang membuktikan bahwa pada tahun ini Korea memiliki pemain yang kuat tapi Indonesialah yang berhasil mendapatkan medali emas, yang juga menambah panjang trend medali emas pada cabang bulu tangkis ini.

Taufik Hidayat

logspot.com

Setelah sekian lama absen dari gelar emas pada nomor tunggal putera, akhirnya Taufik Hidayat berhasil merebut kembali medali emas olimpiade di tahun 2004 yang diadakan di Athena. Taufik Hidayat yang berhasil masuk final menghadapi  Shon Seung-mo dari Korea. Taufik yang memang bermain tangguh berhasil keluar sebagai juara dan membawa kembali medali emas yang terakhir didapatkan pada tahun 1992 oleh Alan Budikusuma.

 

Markis Kido Dan Hendra Setiawan

zimbio.com

Ini dia pasangan yang mungkin lo semua udah pernah melihat penampilannya yang sangat energik dan agrresif ini. Pasangan ini memang menjadi salah satu harapan Indonesia di olimpiade 2008 di Beijing. Pasangan ini menghadapi  Fu Haifeng dan Cai Yun pasangan asal China, yang memang merupakan musuh bebuyutan dari pasangan Indonesia ini. Tapi Markis Kido dan Hendra Setiawan sukses mengalahkan pasangan asal China tersebut. Sekali lagi Indonesia menorehkan sejarah medali emas pada olimpiade lewat bulu tangkis nomor ganda putera.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

radarindo.com

Kemaren masih segar banget nih brur untuk pertama kalinya nomor ganda campuran yang berhasil membawa medali emas pada ajang olimpiade 2016 di Rio. Pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir ini berhasil membawa medali emas setelah menang telak dari pasangan Chan Peng Soon and Goh Liu Ying asal Malaysia ini. Permainan yang cukup baik diterapkan pasangan Indonesia ini yang berhasil menang dengan meyakinkan dan membawa kado manis untuk Indonesia yaitu medali emas yang sudah lama dirindukan rakyat Indonesia.

 

Semoga trend ini tetap dijaga oleh olahraga bulu tangkis dan kami sebagai rakyat Indonesia akan tetap mendoakan dan mendukung untuk hasil yang terbaik buat Indonesia.

Categories
Berita
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED