Pemuda Pengharum Nama Bangsa

Ternyata perjuangan para pahlawan tidak berhenti di 1945

1. Susi Susanti

sumber : youtube.com

Siapa yang tak kenal nama yang satu ini, siapa pula yang tidak ingat momen berharga ini? Ini adalah pertama kalinya Indonesia membawa kembali pulang medali emas. Gue aja merinding coy liat Mbak Susi nangis di atas podium! Betapa bangganya bisa juara di ajang semewah olimpiade. Apalagi bukan di rumah sendiri, Susi Susanti berhasil meraih medali emas di Olimpiade tahun 1992 di Barcelona.

 

2. Alan Budikusuma

sumber : youtube.com

Ternyata selain Susi Susanti, Bang Alan juga bawa pulang medali emas dari Olimpiade Barcelona tahun 1992 itu! Berarti bisa dibilang tahun itu tahun emasnya dunia per-bulutangkis-an Indonesia! Enggak kalah deg-degannya pada saat gue nonton pertandingannya Alan Budikusuma lawan teman latihannya dari Indonesia (juga), Ardi Wiranata.

 

3. Yohannes Christian “Chris” John

sumber : wbanews.com

Pada saat Chris John mengumumkan pensiunnya dia dari dunia pertinjuan, jujur aja gue sedih. Padahal masih pengen liat om John bak!buk!bak!buk!TKO-in orang. Cuma mungkin dia memang tahu bahwa dia harus pensiun dini pada saat usianya menginjak 34 tahun. Tapi ia pensiun dengan rekor yang luar biasa, 48 kali menang, 22 kali menang dari KO, 1 kali kalah dan 3 kali seri (sumber : wikipedia.com). Ruaarrr biasa!

4. Rio Haryanto

sumber : racing5.cl

Kemarin-kemarin ini, dunia maya digemparkan oleh berita tentang Rio Haryanto, pembalap mobil asal Indonesia yang sudah berkancah di dunia internasional tanpa sepengetahuan kita dan berhasil memenangkan GP2 di Austria! Dan lagi-lagi senandung Indonesia Raya berkumandang dengan Rio berdiri di atas podium tertinggi. Rio Haryanto dikenal dengan cerita ‘jatuh bangun’-nya demi bertanding di ajang Formula 1. Dan kini, Rio resmi menjadi pembalap Indonesia pertama yang akan berkompetisi di Formula 1. Hemat gue, dari postingan kawan-kawan dan pendapat masyarakat, masyarakat Indonesia mendukungmu 110% Rio!

5. Agnes Monica

sumber : zimbio.com

Kali ini bukan jamannya Tralala Trilili lagi, tapi Agnezmo versi berdendang sama Timbaland dan T.I. Bro! Timbaland, Bro! Produser musik ternama di negara Paman Sam itu berhasil dirangkul Agnezmo untuk berkontribusi untuk lagu “Coke Bottle“. Itu lagu nyangkut banget sih di kepala gue! Dan walaupun banyak orang yang berkomentar negatif soal Agnezmo, mungkin mereka hanya iri. Udah pinter, cantik, sexy, jago nyanyi pula! Hmm…

 

6. Joey Alexander

sumber : grammy.com

Yang ini enggak kalah jagonya, di usianya yang ke-13, bocah dari Bali ini mampu memainkan jari jemarinya di atas piano, get this… di Grammy Awards 2016! Gila! Bahkan penampilannya disanjung oleh berbagai media di dunia! Termasuk Entertainment Weekly (lihat di sini). Selain Entertainment Weekly, New York Times menyebut Joey sebagai “the most talked-about one that jazz has seen in a while.” Joey terang-terangan memetakan Indonesia di kancah dunia di usia yang teramat dini. Way to go, Joey!

 

7. Sari Simorangkir

sumber : viva.co.id

Selain Joey, ada lagi perwakilan tanah air yang berhasil menjadi bagian Grammy Awards 2016. Bukan itu saja, Sari Simorangkir yang merupakan penyanyi rohani asal Indonesia turut berkontribusi dalam album Covered: Alive in Asia yang berhasil memenangkan The Best Gospel Album pada ajang bergengsi tersebut. Bahkan suara megah Sari merupakan suara pembuka dalam album tersebut, yaitu dalam lagu “Intro (Kau Rajaku)”.

 

8. Aero Aswar

sumber : wikipedia.com

sumber : wikipedia.com

Mungkin kalian tidak familiar dengan nama ini. Tapi Aero tidak kalah jagonya dengan nama-nama di atas. Aero Aswar pernah mengharumkan nama Indonesia pada saat mereka menjuarai Kejuaraan Jet Ski Dunia pada tahun 2014. Ia menorehkan namanya sebagai pembalap jet ski termuda di kelas Pro dan Grand Prix ketika ia berusia 16 tahun!

 

9. Sergio Van Dijk

sumber : cdn.hpdetijd.nl

Di tahun 2013 seketika nama Sergio Van Dijk terdengar di dunia persepakbolaan Indonesia. Sergio yang memiliki darah Indonesia sebelumnya berkewarganegaraan Belanda memutuskan untuk membela tanah air Indonesia melalui proses ‘naturalisasi’. Sergio memulai karirnya di Belanda dan juga berhasil membesarkan namanya ketika ia mulai bermain untuk Brisbane Roar di Liga Australia.

 

10. Rodi Hartono

sumber : indonesiakreatif.net

Rodi Hartono, pria kelahiran Riau yang jago mengotak-atik robot ini berhasil meraih medali emas di ajang Robogames tahun 2009 bersama dengan rekannya, Stefanus Akbar dan robot hasil karyanya, DU-114 di San Fransisco, Amerika Serikat. Lebih dari 100 negara diwakilkan oleh jagoannya masing-masing untuk berkompetisi di ajang bergengsi ini. Rodi yang merantau dari Riau untuk bersekolah di Universitas Komputer Indonesia di Bandung sehingga ia berhasil mengalungkan medali emas.

Itu dia 10 anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia bukan cuma untuk dirinya sendiri namun menjadi aset dan kebanggaan untuk Indonesia. Untuk menutup artikel ini ada satu anak bangsa yang juga sangat membanggakan untuk Indonesia dan sudah lama kita tahu: Anggun C. Sasmi!! Dia menyanyikan lagu daerah dari tanah Sunda dalam bahasa Prancis!

Semangat pemuda pemudi ini menandakan bahwa perjuangan para pahlawan tidak berhenti saat kita mendeklarasikan kemerdekaan!

Categories
Etalase

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
One Comment
  • Kisah-Kisah awal mula menjadi artis – Bujang.net
    27 February 2016 at 6:15 pm
    Leave a Reply

    […] Pemuda Pengharum Nama Bangsa […]

  • Leave a Reply

    *

    *

       

    RELATED