Pengaruh Makanan Terhadap Otak Kita

Lebaran sebentar lagi datang, jangan lupa jaga makanan ya brur!
Makanan & Otak

Makan, makan dan makan. Selain lagi lapar, kadang kita juga kepingin ngunyah kalau lagi bosen, sampai patah hati. Yang namanya makanan kita tahu bahwa berpengaruh besar terhadap tubuh kita, termasuk otak kita juga. Artikel ini disinyalir dari Huffington Post dan TED untuk menjelaskan atau bahkan ‘membenarkan’ salah satu kebiasaan kita yang membuat kita bertahan hidup ini, brur!

Sebagian besar otak kita merupakan lemak, ya, LEMAK! Selain lemak, otak juga terdiri dari protein, glukosa, nutrisi dan amino acid. Karena sebagian besar otak kita merupakan lemak, ya kita membutuhkan zat lemak agar otak kita dapat bertahan.

Hanya saja, apa yang kita makan bisa berpengaruh terhadap kebiasaan kita lainnya, yaitu, tidur. Bahkan apa yang kita makan dapat membuat kita terjaga dari tidur. Loh? Kalau kamu terjaga saat malam hari atau lesu setelah makan siang, kemungkinan otak kamu enggak suka sama apa yang kamu makan hari itu. Makanan berat dan berminyak sejenak sebelum waktunya tidur dapat membuat kamu terjaga karena tubuh kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya.

sumber : giphy.com

Selain itu, lemak trans yang merupakan salah satu lemak tak jenuh, yang biasa kita temukan di gorengan atau makanan diproses akan mempengaruhi otak kamu apabila kamu kebanyakan makan makanan tersebut! Bahkan disinyalir dari Huffington Post, salah satu riset menyatakan bahwa lemak trans dapat memperburuk memori kamu. Jadi, kalau kamu pelupa, coba dikurang-kurangi jenis makan makanan yang mengandung lemak trans ini.

Selain otak kita, makanan juga bisa mempengaruhi mood juga, brur! Makan buah-buahan, makanan yang mengandung banyak Omega 3, protein dan karbohidrat serta minum cukup air putih dapat mempengaruhi mood kita ke arah yang lebih baik. Makanan yang meningkatkan gula darah dengan dapat membuat otak kita mampu untuk fokus.

sumber : giphy.com

Jadi, pada saat lebaran nanti, habis makan makanan kesukaan keluarga, jangan lupa perhatikan makanan yang kamu makan ya!

 

Categories
Meninjau Kembali

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED