Pertanyaan yang Sering Didenger Kalo Lo Atlet Softball/Baseball

Olah raga baseball dan softball mungkin ‘diliburkan’ di Olimpiade London 2012 dan Rio 2016, tapi berdasarkan keputusan International Olympic Committee, kedua olah raga ini akan kembali dipertandingkan di Olimpiade...
sumber : BaSo Indonesia
Maggiore Judith Batharigiri & Ugrasena

Olah raga baseball dan softball mungkin ‘diliburkan’ di Olimpiade London 2012 dan Rio 2016, tapi berdasarkan keputusan International Olympic Committee, kedua olah raga ini akan kembali dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, tim softball dan baseball Indonesia juga pernah menorehkan prestasi loh! Termasuk medali perak di ajang SEA Games di tahun 2011 lalu di Palembang, Indonesia. Kalau kamu bahkan enggak pernah mendengar berita atau kayak apa olah raganya, semoga kalian enggak pernah menanyakan hal-hal ini di kepada teman atlet softball atau baseball-mu ya :

1. “Softball/Baseball tuh yang kayak Kasti kan?”

sumber : giphy.com

Seriusan nih?

Ini pertanyaan paaaaaaling umum, jawabannya : ENGGAK. Cuma kadang untuk atlet softball ataupun baseball kalo mentok mau ngejelasin pilihannya cuma, “Iya mirip kasti tapi…. a, b, c, d, e, sampe z beda”. Intinya beda, yang penting biar kebayang aja dulu.

2. “Sakit enggak kalo kena bola?”

sumber : giphy.com

Sakit sih, brur…

Okay, secara teknis, bola softball itu dilapisi bahan kulit atau sintetis yang berkeliling lingkaran 28 sampai 30cm yang isinya adalah polyurethane atau gabus atau karet dengan berat 177 sampai 192 gram. Sedangkan bola baseball itu berkeliling lingkaran 22.8 sampai 23.5cm yang isinya adalah gabus atau karet yang dililit benang dan dibungkus kulit atau sintetis dengan berat 12.7 sampai 13.35 gram. Dari situ kira-kira jawabannya apa? Kalau secara ilmiah ada yang namanya kecepatan atau velocity yang bisa diukur dengan speedometer, jadi jawabannya, tetep aja SAKIT!

3. “Softball berarti bolanya empuk ya?”

sumber : giphy.com

Syeeeng!

Nah berdasarkan penjelasan di poin sebelumnya, softball itu enggak bisa diartiin secara harafiah yang berarti soft-ball adalah bola empuk. Jadi, intinya, lagi-lagi, kalo kena ya sakit.

4. “Serunya apa sih? Kayaknya ngebosenin deh.”

sumber : giphy.com (Major league baseball)

Kalo gamenya enggak seru sih bisa tidur juga

Pembenaran anak baseball atau anak softball adalah, orang yang bilang kalau baseball atau softball ngebosenin biasanya adalah mereka yang enggak tau gimana cara mainnya. Ya namanya cinte, mau begimane?

5. “Hah? Emang di Indonesia ada??”

sumber : giphy.com

Sedih dengernya, brur…

Inilah sedihnya, olah raga ini enggak seterkenal olah raga lainnya yang bisa dimainin di kaliber lomba kampung. Jadi walaupun lapangannya persis di samping jalan utama atau terletak di daerah terkenal di masing-masing provinsi, kalau dapet emas atau medali warna lain….. enggak banyak orang yang tahu.

Memang olah raga ini lebih terkenal di negara lain, tapi bukan berarti Indonesia enggak punya prestasi! Jadi semoga, olah raga ini bisa berkembang dan lebih maju biar pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab dengan mudah.

Categories
Dope

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED