Sensor dalam Penyiaran : Sejauh Apakah Fungsi KPI?

Netizen ramai dalam Pekan Olahraga Nasional dimana salah satu saluran televisi mem-blur-kan salah satu gambar yang menayangkan atlet renang. Sebelumnya, netizen juga digemparkan dengan blur-nya gambar perempuan yang sedang...
sumber : brentmusicreviews.wordpress.com

Blur yang bikin heboh

Netizen ramai dalam Pekan Olahraga Nasional dimana salah satu saluran televisi mem-blur-kan salah satu gambar yang menayangkan atlet renang. Sebelumnya, netizen juga digemparkan dengan blur-nya gambar perempuan yang sedang menggunakan kebaya dalam ajang Putri Indonesia. Belakangan ini, penyiaran di Indonesia mengangkat isu seksual, ras, agama dan perihal lain yang dapat dinilai sensitif ke permukaan. Khususnya, mengingat bahwa Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengeluarkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran atau yang dikenal dengan P3SPS.

Kebaya pun juga pernah disensor

Nah dalam P3SPS ini memang banyak yang menganggap bahwa terbentuk pengekangan terhadap kreatifitas dan jurnalisme, namun, dalam akun tweet resmi KPI (@KPI_Pusat), akhirnya lembaga tersebut angkat bicara mengenai blur yang kerap kali dilakukan oleh lembaga-lembaga penyiaran, baik gambar, tulisan, ucapan atau hanya potongan klip.

Tweettweet di atas pun juga ‘membangunkan’ netizen-netizen, baik yang setuju maupun tidak setuju. Nah, dari klarifikasi KPI ini, menurutnya, stasiun tv-lah yang memiliki andil untuk menyamarkan, memburamkan atau menyensor apa yang sekiranya dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Mungkin kebanyakan orang yang ngirain KPI yang nyuruh di-blur kali ya?

Kalau yang dipermasalahkan adalah sosialisasi, KPI juga menyelenggarakan Sekolah P3SPS, yaitu program yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam menjamin profesionalitas di bidang penyiaran. Penyelenggaraan program ini pun ditanggung oleh APBN. Program ini melatih soft skills dalam bidang penyiaran, dan pesertanya adalah praktisi lembaga penyiaran, mahasiswa hingga masyarakat umum. Jadi siapapun yang bergerak di bidang ini boleh loh ikutan sekolah P3SPS, gratis lagi!

Categories
Meninjau KembaliProyektor

Dream writer, your delinquent enemy and devoted lover.
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED