Yang Laki-Laki Harus Lakuin Pada Saat Berumur 25 Tahun

This is the life you live, own it, embrace it and be thankful for what you have.
Time.com (Photo by Roy Jones/Getty Images)

Buat yang laki-laki dan sudah berumur seperempat abad atau akan seperempat abad, ini yang lo harus lakuin dihidup lo!

1. Nabung, brur!

Nabung tuh penting banget buat lo, walaupun emang terkadang susah buat nabung apalagi pas lihat Lazada atau Bobobobo. Cuman rasa konsumtif harus lo redam buat kehidupan lo di masa mendatang. Biaya nikah sama pendidikan makin mahal, brur!

2. Pikirin kesehatan

Umur-umur 25 tahun emang paling enak buat party all the time dan nelen apapun yang lo mau tapi lo mesti inget juga kalau badan lo tuh juga mulai menua dan fungsi-fungsi organ tubuh lo udah harus dipikirin serta lo harus udah mulai menjaga badan lo buat masa tua.

3. Family matters

Meski dari lo kecil juga mestinya keluarga tuh udah penting, tapi pada saat lo umur-umur segini lo udah harus membiasakan diri untuk punya quality time sama keluarga lo, dan lo juga harus bisa menjadikan omongan orang tua lo bahan pertimbangan buat hidup lo. Karena enggak bisa dipungkiri, pengalaman hidup mereka lebih banyak dibanding lo dan siapa tahu ada omongan dari orang tua lo yang relevan buat hidup lo sekarang atau nanti.

4. Travelling

Life’s gone so fast, brur! Jadi, jalan-jalan gih ke tempat yang buat lo penasaran. Belajar khasanah lokal dari destinasi jalan-jalan lo. Belajar budaya mereka, apa yang mereka makan, bagaimana mereka bicara and see beautiful scenery that god give to this world. 

opera.com

5. Perbesar kenalan 

Jangan malu, jangan ragu. Di Indonesia yang namanya “link” itu penting. Bukan cuma link buat nyari duit tapi juga link buat kesamaan hobi lo atau mungkin jodoh. Siapa tahu kan, brur heheheh

6. Perkecil pertemanan

Meski lo harus perbesar kenalan lo, tapi lo juga harus memperkecil pertemanan lo. Di umur 25 lo cuma butuh banyak kenalan tapi sedikit teman. Kenapa? Karena dengan teman yang sedikit lo juga bisa memperkecil drama diumur lo yang udah 25 tahun. Lagipula, dengan memperkecil pertemanan lo bisa merekatkan hubungan sama orang-orang yang lo sayang dan menyayangi lo dan mengurangi basa-basi dengan lawan yang berkedok teman.

variety.com

7. Update news

Hey, information is a power! Diumur lo yang 25 tahun ini, brur lo udah harus lebih sering update sama berita-berita yang sedang berkembang sekarang. Mulai dari politik sampai lifestyle, bukan waktunya lagi buat bodoamat sama masalah kayak gitu. Now, you should take your knowledge one step ahead from other guy.

8. Know your tools

Laki-laki itu deket banget sama yang namanya perkakas. Agak stereotype sih, tapi….. Coba deh bayangin kalau nanti lo berumah tangga dan atap rumah lo bocor sedangkan lo lagi enggak bisa manggil orang buat benerin. Masa lo minta anak lo yang masih kecil atau istri lo yang lagi hamil buat naik ke genteng buat nambel genteng? Nah, makanya umur 25 tahun ini pas banget buat lo tahu tentang apa saja dan bagaimana guna perkakas yang sering dipakai kuli.

9. Coba hal baru

25 tahun adalah tahapan yang membingungkan. Muda enggak tapi tua juga enggak. Nah, sekarang ada baiknya diumur yang “kentang” ini lo mencoba hal baru keburu lo tua beneran dan lo udah males buat nyoba hal-hal baru dan lo enggak punya cerita yang seru buat lo ceritain ke anak dan cucu lo.

10. Fokus ke hal yang lo rasa baik buat lo

Selain lo harus bisa nyoba hal baru sebagai laki-laki diumur 25 tahun lo juga harus udah tahu mana yang baik dan yang buruk buat lo. Kalau lo udah tau mana yang buruk buat lo, ya lo jauhin dan fokus buat menjadi laki-laki yang lebih baik bukan cuma buat diri lo tapi buat semua orang yang lo sayang.

11. Jadi “cool uncle”

Sebelum nanti pada masanya lo udah punya anak, ada baiknya lo latihan dulu pakai anak orang. Bisa anak sodara lo atau anak teman lo yang jadiin bahan “eksperimen” biar lo belajar jadi bapak. Lo bisa latihan dengan inget ulang tahun mereka dan bawain mainan yang enggak dibolehin sama orang tua mereka. Lo juga bisa ajak mereka jalan dan ngebiarin mereka makan coklat atau permen dalam jumlah yang banyak. Cool uncle tuh selalu disayang pasti deh hehehe

fanpop.com

12. Jodoh? Santailah….

Nanti ajalah bahas jodoh. Lo pasti merasa belum mampu secara finansial, tapi kalau cuma uang, uang mah masih bisa dicari. Sebenarnya lebih ke perkara mental sih. Jadi, jodoh buat nikah bisa lo pending dulu, walaupun disaat yang bersamaan lo paling enggak udah harus tahu jodoh yang pas buat lo tuh yang kayak gimana. Dibayangin aja dulu, brur, lagipula kan udah seringkan ngebayangin cewe? Hehehe

13. Think Twice

Sebagai laki-laki dan sebagai calon suami dan ayah, lo udah harus bisa menekan ke-impulsif-an lo dalam mengambil keputusan lo. Lo udah harus bisa memilah dan memilih dan bisa mengambil keputusan dengan bijak. Kedengerannya emang tua banget, tapi lo pasti akan tua kan? Lo enggak mau kan nanti tua tapi lo enggak dihormatin sama anak lo karena lo enggak bisa ngambil keputusan atau tiap keputusan lo selalu salah? So, think twice about everything, you’re not in higschool anymore, my friend.

14. Do whatever the fuck you want

Lo udah bukan anak kecil lagi yang harus disetir sama siapapun. Mulai dari umur 25 tahun ini lo harus sadar kalau semua kesalahan yang lo buat adalah akibat perbuatan lo sendiri dan semua keberhasilan lo juga hasil dari jerih payah lo. Jangan salahin orang atas pilihan yang lo buat sendiri dan jangan pernah merasa enggak pantas untuk menghadiahi diri lo sendiri dengan pengakuan. You only 25yo once, so do whatever the fuck you want, brur!

15. Jangan bandingin umur 25 tahun lo dengan umur 25 tahun orang lain

Jangan pernah lo lakuin ini. Lo boleh punya mimpi dan mimpi itu lo harus wujudin, tapi jangan pernah lo hidup dari mimpi orang karena lo abis bandingin hidup lo sama hidup orang itu. Lo harus paham kalau hidup lo sama hidup orang lain beda, dan cara orang menjalani umur 25 tahun khususnya laki-laki tuh beda-beda. Ada yang udah punya anak, ada yang udah cerai, ada yang masih jomblo, ada yang masih pengangguran dan masih banyak lain jenisnya. Tapi apapun jenis lo, lo harus bisa terima diri lo dan jangan bandingin diri lo sama orang lain. This is the life you live, own it, embrace it and be thankful for what you have. Man up!

Categories
CeritaDope

Jangan garuk yang enggak gatel
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED