Yang Lo Pikirin Saat Lo Baru Lulus Kuliah

Oke udah selesai semua skripsi dan sidang dan juga wisuda, terus abis itu? Hmmm......
thedailytouch.com

“Gue mau ngapain yah?”

Sesaat setelah lo selesai merayakan kelulusan, lo langsung kayak ditabrak kenyataan: Mau lo bawa kemana tuh gelar lo? Mau lo masukin ke tong sampah atau lo mau bawa ke HRD sebuah perusahaan? The choices is yours, brur!

giphy.com

“Kayaknya gue salah jurusan deh”

Pikiran ini muncul karena susahnya nyari kerja di bidang yang sesuai sama jurusan lo. Alhasil lo menjadi mikir kembali tentang pilihan pas umur 18 tahun di awal masuk kuliah, tapi selama lo memilih jurusan tanpa intervensi siapapun, berarti mestinya lo harus udah siap sama resikonya, brur!

penulispro.net

“Cari kerja tuh susah yah”

Yup! Setelah lulus lo mulai searching-searching ke Jobstreet, Jobds atau nanya alumni-alumni lo tentang kerjaan dan dari semua platform dan orang yang lo tanya belum tentu punya dan menyediakan pekerjaan yang cocok buat lo. Akhirnya lo baru menyadari betapa susahnya mendapatkan pekerjaan di era sekarang ini.

“Kerja atau S2?”

Pada saat bingung setelah lulus, terbersit untuk mau melanjutkan S2, tapi kok rasanya kurang yah kalau S2 tapi enggak punya pengalaman kerja. Belum lagi biaya S2 yang tidak sedikit, tapi kalau cari kerja dulu belum tentu langsung dapet dan gajinya belum tentu pas. Hmmmmm…… pusing deh lo!

“Freelance?”

Untuk beberapa bidang jurusan dan keahlian, freelance bisa menjadi jalan keluar kalau lo emang belum mau atau enggak suka settle di dalam sistem korporat. Kalau lo merasa punya skill yang lebih dalam bidang khusus dan lo punya kepercayaan diri yang tinggi akan skill lo, maka jangan ragu jangan bimbang, nyemplung aja jadi freelancer brur! Hehehe

“Entrepreneur?”

Kalau lo punya skill dalam bidang kayak masak atau lo punya strategi dan mekanisme bisnis yang mantap. Habis kuliah rasanya lo ingin jauh-jauh dari sistem korporat dan langsung pengen punya usaha sendiri. Lo punya modal skill dan materi? Lo punya intuisi bisnis yang tajam? Lo punya partner yang siap sehidup semati? Lo punya ide-ide inovasi yang gokil? Lo bisa menjawab semua 5W1H tentang bisnis lo secara umum dan produk lo secara khuhus? Well, well, well, lebih baik jadi kepala tikus dibanding jadi ekor gajah, bukan?

rollingstone.com

“Yes, dapet kerja! Tapi gajinya kok cuman segini”

Bersyukur pada saat dapet kerja sih pasti, tapi kadang ada perasaan enggak adil aja gitu, lo belajar selama 4 tahun (mungkin kurang atau lebih) tapi kok gajinya ngepas juga yah. Mungkin pas kuliah lo kira gaji orang kantoran tuh cukup buat hidup di kota besar kayak Jakarta taunya pas lo ngerasain kerja, eh gaji lo ngepas juga dan malah kadang enggak cukup. Hey, life’s fair, cause it sucks for everyone…

uangindonesia.com

“So this is what real life is, huh?”

Susah dapet kerja, mau freelance enggak bisa, mau punya usaha sendiri enggak ada modal, malu minta uang terus sama orang tua. Hal-hal tersebut akan membuat lo berpikir untuk menenggak baygon, tapi jangan brur! Mestinya hal-hal itu bisa membuat lo termotivasi dan makin semangat dalam memperjuangkan masa depan lo. You just have to MAN UP! Hadepin aja brur! Ada masalah? Tabrakin! Jangan kasih kendor!

“Apa gue nikah aja kali yah?”

Okay, brur, nikah itu kadang bukan jalan keluar. Kalau lo belum benar-benar yakin bisa mengarungi bahtera rumah tangga, mending buang pikiran ini jauh-jauh and stick with the problem you know, kalau lo udah siap, ya sok atuh! Hantam! Hahaha

Categories
CeritaDope

Jangan garuk yang enggak gatel
No Comment

Leave a Reply

*

*

   

RELATED